10 Jenama Komik Lokal Indonesia Pertama Kali Akan Tampil di Ajang Singapore Comic Con 2023

Aqilahnews.com, Jakarta – Untuk pertama kalinya, Indonesia ikut serta dalam ajang┬áSingapore Comic Con (SGCC) yang akan berlangsung pada 9–10 Desember 2023 di Sand Expo Singapore, Singapura. Keikutsertaan ini merupakan hasil kolaborasi antara Asosiasi Komik Indonesia dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Ini akan luar biasa karena akan ada sepuluh jenama komik Indonesia untuk pertama kalinya akan tampil di SGCC,” ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar hybrid pada Senin, 4 Desember 2023.

Kesepuluh jenama komik lokal tersebut beberapa di antaranya BumiLangit, Kisai Entertainment, Si Juki, Winrider Studio, Beyondtopia, Mindblowon Universe yang dikenal sebagai Tahilalats, Skylar Comic, Reon Comics, KMI dan Kometh yang bisa diulik dari situs resmi SGCC. Mengenai komik Indonesia, Sekjen Asosiasi Komik Indonesia, Rizqi R Morsmarth, mengatakan sangat besar potensinya.

“Kalau ngomongin komik aja pembacanya ketiga terbesar di dunia baik digital maupun cetak dan banyak banget orang yang suka baca komik, jadi mereka akrab dengan produk turunan dari komik,” jelasnya.

Sekarang bahkan sudah jadi hal umum bahwa film, mainan, maupun gim diangkat dari sebuah komik dan berawal dari sebuah ip (karakter) komik. Hal itu juga sudah terbukti dari ip lokal, menembus pasar internasional pada skala tertentu.

Misalnya Bumi Langit dengan karakter ip Gundala. Selain itu dari Skyla Comic juga sempat bekerja sama dengan perusahaan OTT di Asia Tenggara dan sudah tayang di saluran HBO. “Sehingga memang banyak sekali konten-konten dari komik kemudian jadi multimedia, series dan film bisa diakses oleh orang-orang secara global,” sambung Rizqi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *