6 Fakta Menarik Gunung Welirang yang Asal-usul Namanya dari Kata Belerang

Kawsan Gunung Welirang sangat luas sehingga berkemah selama satu atau dua malam sangatlah diperlukan. Jika waktu tidak menjadi masalah, maka hal terbaik yang harus dilakukan adalah mengunjungi kedua puncak utama saat fajar, yaitu dua malam di pegunungan.

Namun pendaki yang tangguh dapat menyelesaikan pendakian dalam dua hari yang sangat panjang dan berat. Terdapat beberapa jalur pendakian di Gunung Welirang. Pendakian lewat Tretes, Cangar, dan Pacet. Selain itu, ada juga jalur pendakian lewat Lawang, Karangploso, Sumberawan, dan Purwosari. 

3. Tretes Jalur Favorit Pendaki

Jalur paling populer dan terdefinisi dengan baik dimulai dari resor pegunungan Tretes dengan ketinggian awal 812 mdpl ke timur laut pegunungan. Berhati-hatilah bahwa meskipun menavigasi rute ini relatif mudah, rute ini tidak terlalu nyaman bagi Anda, terutama saat menuruni dan merupakan pendakian yang cukup besar dengan peningkatan ketinggian lebih dari 2.400 mdpl. Jalur ini mengarah ke jalur batu lebar melalui hutan pinus yang jarang dan puncak terpencil yaitu Gunung Ringgit dengan tinggi sekitar 2.477 mdpl.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *