Cara Kenangan Group Kelola Sampah Produksi Sepanjang 2023, dari Ampas Produksi hingga Spunbond Bekas

Masih dalam pilar Kenangan Jangan Dibuang, jenis sampah berikutnya yang jadi perhatian adalah cup plastik. Mayoritas produk yang dijual menghasilkan jenis sampah tersebut, meski angkanya tidak disebutkan.

Untuk itu, mereka bekerja sama dengan Octopus untuk merancang tempat sampah khusus. Ada dua bagian di tempat sampah itu, satu untuk menampung sampah liquid, sisanya adalah sampah cup plastik.”Octobox akan segera tersedia di 15 gerai Kopi Kenangan,” ujarnya.

Terakhir, mereka memutuskan mendonasikan produk roti layak makan yang tak terjual untuk didonasikan yang dinamakan Bread Rescue. Bekerja sama dengan Food Cycle, lebih dari 1.700 roti telah didistribusikan ke panti asuhan dan panti jompo sepanjang 2023. “Kita tidak pernah buang makanan yang layak konsumsi,” katanya.

“Yang jelas, program yang kita lakukan di 2023, kita tetap konsisten lanjutkan agar kelihatan hasilnya,” sahut Inne.

Sampah makanan bisa terjadi karena food lost maupun food waste.¬†Sarwo Edhy, Sekretaris Badan Pangan Nasional, sempat menyampaikan bahwa 1,3 miliar ton makanan di dunia terbuang setiap tahunnya. “23 sampai 48 juta ton per tahun di Indonesia. Itu setara dengan memberi makan 61 hingga 125 juta penduduk Indonesia,” katanya dalam sebuah acara di Jakarta, Senin, 17 April 2023.

“Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, Menteri Perdagangan dan Menteri Pertanian sudah mencatat bahwa dunia mulai resesi ekonomi. Beberapa negara sudah kekurangan pangan,” katanya lagi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *