Hari Batik Nasional, 1.000 Personel TNI Catat Rekor MURI dengan Serentak Membatik di Yogyakarta

Perayaan Hari Batik Nasional sebelumnya sudah lebih dulu digelar di Istana Merdeka, Jakarta, melalui acara “Istana Berbatik” pada Minggu, 1 Oktober 2023. Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkata, “Bangsa Indonesia patut bersyukur memiliki batik yang bukan hanya sebagai karya seni biasa, tapi merupakan Warisan Budaya Takbenda Dunia, dengan simbolisme, teknik, dan budaya yang sangat melekat dengan Indonesia.”

Melalui acara ini, Jokowi mengajak seluruh masyarakat Indonesia menumbuhkan kebanggaan pada kekayaan seni dan budaya Indonesia, serta aktif dalam melestarikan dan mengembangkannya. Ketua Panitia Pelaksana Istana Berbatik Angela Tanoesoedibjo turut menyampaikan laporan kegiatan terkait acara ini.

“Istana Berbatik merupakan sebuah pagelaran busana yang menampilkan ragam batik Nusantara yang sarat akan makna, filosofis, dan keindahan yang tidak lekang waktu,” terangnya di kesempatan yang sama.

Ia mengungkap bahwa pada pagelaran ini merupakan bukti batik telah jadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia, dari masa ke masa, generasi ke generasi. Batik juga telah jadi bagian dari diplomasi budaya Indonesia.

“Pagelaran busana malam ini melibatkan 503 peraga istimewa, termasuk para perwakilan kerajaan, pimpinan lembaga negara, duta besar, para menteri, wakil menteri, para ibu OASE, para gubernur, para pejabat kementerian/lembaga dan daerah serta BUMN,┬ápublic figure, atlet, dan model,” paparnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *