Hari Ekonomi Kreatif Nasional Resmi Dirayakan 24 Oktober, Kemenparekraf Bakal Beri Penghargaan untuk Pelaku Ekraf

Aqilahnews.com, Jakarta РWacana Hari Ekonomi Kreatif Nasional (Hekrafnas) yang direncanakan akan dicanangkan pada bulan Oktober ini akhirnya bisa terwujud. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengumumkan Hakrefnas resmi ditetapkan jatuh pada 24 Oktober.

Hal ini diumumkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam The Weekly Brief witah Sandi Uno yang digelar secara hybrid, Senin (16/10/2023). Sandiaga Uno mengatakan bahwa Hari Ekonomi Kreatif Nasional ini dimaknai sebagai “Lebaran” bagi para pelaku sektor ekonomi kreatif.

“Mudah-mudahan Lebaran ekonomi kreatif ini bisa dirayakan oleh kepala dinas di daerah, oleh para komunitas ekonomi kreatif di daerahnya masing-masing,” ucap Sandiaga.

Penetapan ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Menparekraf dengan Ketua Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekraf) Kawendra Lukistian. Kawendra mengatakan, momentum ini sebagai bagian dari penegasan bahwa pelaku ekraf kini tak lagi dipandang ebelah mata.

“Tentu ini menjadi sejarah, dan baru terjadi di era pak Sandi Uno. Mudah-mudahan bisa menjadi monumen kita bersama bagi pelaku ekraf, kedepannya kita akan ada Lebaran ekonomi kreatif,” tutur Kawendra.

Sandiaga menambahkan, perayaan Hari Ekonomi Kreatif Nasional perdana ini bakal dilakukan dengan sederhana di Gedung Kemenparekraf di Jakarta Pusat. Pria yang akrab disapa Sandi ini akan turut mengundang para pelaku ekraf dan diadakan momen pemberian penghargaan.

“Ini jadi awal dari perjalanan panjang, agar ekonomi kreatif kita menjadi masa depan Indonesia, ekonomi yang hijau, selalu mengutamakan kreativitas dan inovasi,” lanjut Sandi.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *