Jual Kue Bertema Halloween, Toko Roti di Seoul Dituding Tak Berempati pada Keluarga Korban Tragedi Itaewon

Aqilahnews.com, Jakarta – Sebuah toko roti di wilayah Gyeonggi, Seoul, Korea Selatan, dikritik setelah menjual kue berbentuk labu dan hantu, simbol yang diasosiasikan dengan Halloween. Dilansir dari Koreaboo, Senin, 23 Oktober 2023, tangkapan layar obrolan tentang kritik negatif untuk toko roti tersebut beredar secara online.

Banyak warganet yang menyayangkan toko kue tersebut mengangkat tema Halloween. Mereka menuding pihak toko tidak bersimpati pada korban tragedi Itaewon yang bertepatan pada hari Halloween tahun lalu.

Pemilik toko roti, yang merupakan seorang pria berusia 33 tahun, mengungkapkan kesedihannya atas situasi yang terjadi kepadanya. Ia mengaku sangat terluka oleh kritik tersebut. Reaksi negatif yang diterimanya itu membuatnya secara terus-menerus mencari di berbagai forum online dan ruang obrolan untuk melihat apakah ada penyebutan lebih lanjut tentang tokonya.

Kritik yang dihadapi oleh toko roti tersebut mencerminkan situasi masyarakat yang lebih luas di Korea Selatan. Banyak pemilik bisnis, baik itu besar maupun kecil, berhati-hati menjelang perayaan Halloween tahun ini. 

Perusahaan-perusahaan besar dan taman hiburan mulai tidak memperdulikan perayaan tersebut. Alasannya jelas, yaitu untuk menghargai sentimen masyarakat yang sangat sensitif, dan perusahaan berhati-hati agar terlihat peduli dengan sentimen masyarakat, atau memanfaatkan peristiwa yang menjadi tragedi nasional tersebut.

Toko-toko dan bisnis yang biasanya mengandalkan Halloween untuk meningkatkan penjualan kini juga berada di bawah tekanan. Misalnya, toko-toko besar seperti Daiso dan Artbox, yang memamerkan produk bertemakan Halloween, juga mendapatkan kritik publik serupa.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *