Kelompok Houthi Yaman Ancam Hancurkan Kapal Menuju Israel Jika Gaza Dilarang Terima Bantuan Kemanusiaan

Aqilahnews.com, Jakarta – Milisi Yaman yang dipimpin kelompok Houthi mengancam akan menghancurkan semua kapal Israel atau kapal yang menuju Israel tanpa memandang kewarganegaraan mereka. Pihaknya memperingatkan semua perusahaan pelayaran internasional agar tidak berurusan dengan pelabuhan Israel.

Dilansir dari Al Jazeera, Selasa (12/12/2023), kelompok Houthi sebelumnya telah menyerang dan menyita beberapa kapal yang terkait dengan Israel di Laut Merah dan Selat Bab al-Mandab. Jalur laut ini jadi jalur pengiriman sebagian besar minyak mentah dunia.

Mereka juga melakukan serangan rudal dan drone terhadap Israel sebagai bentuk solidaritas terhadap rakyat Palestina, terutama di wilayah Gaza. Pihak milisi Houthi Yaman sebelumnya mengeluarkan sebuah peringatan bahwa pihaknya akan mencegat semua kapal, dari negara manapun, yang akan menuju Israel jika Gaza tidak menerima makanan dan obat-obatan. Pernyataan itu dipublikasi juru bicara milisi Houthi Yaman, Yahya Saree, pada Sabtu, 9 Desember 2023.

“Jika Gaza tidak mendapat makanan dan obat-obatan yang diperlukan, semua kapal di Laut Merah yang menuju pelabuhan Israel, berasal dari negara manapun, akan jadi target pasukan bersenjata kami,” tulis pernyataan tersebut. Keputusan┬ámilisi Yaman itu mendapat dukungan dan pujian dari Hamas.

“Kami menganggap keputusan tersebut sebagai keputusan yang berani,” kata pihak Hamas dalam pernyataannya. “Posisi kami berdiri melawan agresor Zionis-Amerika yang terus melakukan perang genosida dan pembantaian terhadap semua komponen kehidupan manusia, rakyat Palestina kami, selama 64 hari terakhir,” tambahnya, dikutip dari Middle East Monitor.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *