Kisah Benny Santoso Dirikan Tempeman, Berawal dari Tugas Akhir Kuliah hingga Bikin Kudapan Tempe Kekinian

Aqilahnews.com, Bali – Tempe tak hanya menjadi lauk pauk wajib bagi masyarakat Indonesia. Tempe┬ájuga bisa dikreasikan menjadi kudapan atau camilan sambil menemani waktu senggang.

Umumnya, tempe diolah dengan digoreng atau dibuat bacem. Namun di tangan Benny Santoso, tempe bisa dikreasikan menjadi kudapan kekinian, seperti cookies, keripik, hingga coklat bar.

Benny merupakan pendiri sebuah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bernama Tempeman. Ada cerita unik dari Benny saat awal-awal mendirikan usahanya itu.

Semua bermula,ketika dirinya mendapat tugas akhir di sebuah universitas di Bali pada 2013 lalu. Ketika itu, ia kuliah di jurusan tata boga.

“Saya waktu itu ada tugas akhir membuat tempe rasa keju,” kata Benny saat media workshop bersama pelaku usaha Tokopedia di Bali, Rabu, 18 Oktober 2023.

Tempe keju kreasi Benny ternyata disukai oleh tim penguji tugas akhir dan rekan-rekan kampusnya. Ia pun sempat berpikir membuat usaha dari tempe tersebut.

Namun setelah menyelesaikan kuliah, Benny lebih memilih bekerja juru masak. Sejumlah hotel dan restoran pernah menjadi tempat bekerja Benny.

Pada 2016, ia mencoba peruntungannya membuka usaha olahan tempe. Dia pun mulai mencoba mengolah tempe menjadi cookies, keripik, hingga energy ball. Tak disangka, hasil coba-cobanya itu disukai teman-teman dan kerabat Benny. Ia pun mulai serius menggeluti bisnis tersebut.

“Kami juga bikin coklat bar isinya tempe. Lalu juga ada gelato, topping-nya tempe,” tambah pria asal Solo, Jawa Tengah tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *