Langkah Langkah Kuliah Di Jerman

Langka Langkah Kuliah Di Jerman
Langka Langkah Kuliah Di Jerman

Siapa sih yang gak mau kuliah di Jerman?

Negara yang terkenal akan keindahan alam dan kualitas pendidikannya ini telah berhasil menarik para pelajar dari seluruh dunia selama beratus – ratus tahun.

Di artikel ini, EHEF akan membahas tuntas langkah demi langkah untuk kalian yang memiliki cita – cita untuk kuliah di Jerman.

Kenapa harus kuliah di Jerman?

Mungkin terbersit di pikiran kalian, memangnya apa saja kelebihan kuliah di Jerman dibanding negara – negara Eropa lainnya? Ini 5 alasan utamanya:

Jerman memiliki sekitar 400 institusi perguruan tinggi dan banyak di antaranya yang masuk ke rangking internasional dan diakui di seluruh dunia. Bukan hanya itu, perguruan tinggi di Jerman juga sudah mulai menawarkan program dalam bahasa Inggris lho.

Mendapatkan akses ke pendidikan kelas dunia tanpa tuition fees. Kalian mungkin sudah sering membaca mahasiswa yang kesulitan membayar uang kuliah tanpa beasiswa. Nah, di Jerman pendidikan untuk tingkat S1 atau undergraduate di seluruh universitas negeri tidak dikenakan biaya, baik untuk warga lokal maupun mahasiswa asing. Selain tingkat S1, consecutive Master’s degree (atau mengambil S2 langsung setelah lulus S1) juga bersifat tuition free. Kalian cukup membayar biaya kontribusi per semester yang besarnya sekitar €150 – €250 saja.

Biaya hidup yang terjangkau.Kalau dibandingkan dengan kota – kota besar Eropa lainnya, seperti London, Zurich, atau Paris, Jerman tergolong lebih murah dan terjangkau. Kalau dirata – rata, biaya hidup mahasiswa per bulan hanya sekitar €700 – €800. Angka ini bisa lebih rendah kalau kalian tinggal di luar kota metropolitan seperti Hamburg atau Munich.

Mudah mendapatkan pekerjaan. Jerman memiliki ekonomi yang sehat, dan ekonominya tidak dipusatkan di satu atau dua kota saja, melainkan tersebar di seluruh negara. Misalnya, Hamburg menjadi pusat industri media dan perdagangan, sedangkan Munich dan Stuttgart menjadi pusat industri automotif, serta Frankfurt menjadi pusat finansial di Jerman. Kondisi ini membuat mencari pekerjaan di Jerman menjadi lebih mudah dibandingkan negara – negara Eropa lainnya. Bahkan hanya 10% alumni yang bekerja di luar bidang ilmu yang mereka pelajari lho.

Lokasi yang strategis. Jerman berlokasi di tengah – tengah Eropa, dan berbatasan dengan 9 negara Eropa lainnya, yaitu Denmark, Polandia, Republik Ceko, Austria, Swiss, Perancis, Luxemburg, Belgia, dan Belanda. Untuk travelling ke-sembilan negara ini dari Jerman sangat mudah, karena Jerman memiliki sistem transportasi yang sudah modern dan nyaman. Kalian bisa memanfaatkan libur kuliah untuk menjelajahi negara – negara ini.

Selain lima alasan utama di atas, masih banyak alasan lainnya kenapa Jerman menjadi destinasi populer untuk mahasiswa dan turis, tapi sebaiknya kalian alami sendiri setelah berhasil diterima kuliah di sana.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *