Menparekraf Tanggapi Mahalnya Tiket Pesawat Rute Domestik yang Membuat Perjalanan ke Luar Negeri Makin Diminati

Curhatan harga tiket pesawat mahal diungkap oleh PJ Gubernur NTT Ayodhia G L Kalake disela-sela sambutannya pada puncak perayaan Hari Maritim Nasional ke-59, di Kupang, NTT. “Kenaikan yang sangat signifikan pada harga tiket antar wilayah dalam provinsi Nusa Tenggara turut menyumbang inflasi,” ungkapnya, dikutip dari kanal Bisnis Aqilahnews.com, Jumat, 13 Oktober 2023.

Menanggapi itu, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan akan berusaha untuk menekan harga tiket pesawat tersebut. Menurut pantauan, harga tiket Kupang-Labuan Bajo saat itu berkisar Rp1,2–Rp2 juta sekali jalan, dan Maumere-Kupang pernah tembus Rp5,6 juta sekali jalan.

“Berkaitan dengan tiket mahal yang disertai tepuk tangan, saya tersenyum, tapi hati saya bersemangat untuk memberikan tiket yang affordable,” terang Budi Karya Sumadi.

Usai acara, dia menjelaskan kalau persoalan harga tiket pesawat mahal bukan hanya terjadi di Indonesia. Tapi ini merupakan masalah global imbas dari pandemi Covid-19.

“Tiket itu bukan masalah Indonesia tapi global karena secara sistematis 2,5 tahun Covid itu, bayak sekali penerbangan yang kolaps. Indonesia itu penurunannya 90 persen, bayangkan dari 100 sisa 10, 2,5 tahun tidak beroperasi berakibat pada dunia industri pesawat di dunia juga stagnan akhirnya berhenti lah dia berproduksi,” tuturnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *