Pandawara Mulai Belajar Pengolahan Sampah dan Ekonomi Sirkular dari Denmark, Janji Bakal Diterapkan di Indonesia

Aqilahnews.com, Jakarta – Pandawara Group telah menjejakkan kaki mereka di Denmark untuk studi banding guna belajar lebih dalam mengenai lingkungan. Kelompok pemerhati lingkungan asal Bandung ini telah membagikan video kedatangan mereka pada Sabtu, 19 November 2023.

Rekaman singkat itu mengabadikan kelima anggota Pandawara, yakni Ikhsan, Gilang, Rifqi, Rafly, dan Agung keluar dari bandara sembari mendorong koper mereka masing-masing. Mereka juga naik kereta dan berjalan-jalan di sekitar ibu kota Denmark, Copenhagen.

“Kira-kira ada apa ya Pandawara ke negara terbersih di dunia?­čçę­čç░,” bunyi keterangan singkat dalam unggahan video tersebut.

Pada Senin, 20 November 2023, mereka kembali membagikan unggahan kegiatan di hari pertama studi banding. “Day 1, belajar circular economy dan waste management di Denmark,” bunyi keterangan klip.

Dalam video yang diunggah di Instagram Story, Pandawara tengah mendengar dengan saksama penjelasan dari staf terkait pengolahan sampah. Mereka juga mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) ketika berada di dalam pabrik. Setelah berkeliling, mereka duduk bersama dan berdiskusi.

Kelompok yang dikenal dengan aksi bersih-bersih sampah di sungai hingga pantai ini diundang langsung oleh Kedutaan Besar Indonesia di Denmark. Kabar studi banding ini pertama diungkap mereka dalam bincang daring bersama TikTok, Rabu, 8 November 2023.

“Ada perjalanan baru dari Pandawara untuk melakukan suatu hal yang baru di tahun ini. Alhamdulillah kita menerima undangan untuk belajar lagi, studi banding mengenai bagaimana perjalanan Denmark menjaga lingkungan mereka hingga mengelola sampah,” kata Ikhsan dalam bincang tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *