Rekomendasi Posisi Tidur yang Minim Picu Kerutan di Wajah Menurut Ahli

Kabar buruk datang untuk orang-orang yang hanya bisa tidur dengan posisi miring, karena tidur dengan posisi telentang adalah yang direkomendasikan untuk menjaga wajah dari kerutan.

“Sejauh ini posisi tidur yang paling ramah untuk kulit adalah tidur telentang dengan kepala menghadap ke luar dan tengah, yang pasti akan mengurangi risiko berkembangnya masalah kulit yang berkaitan dengan tidur hingga tingkat yang paling tinggi,” ungkap Dr. Rachel Maiman, dokter kulit bersertifikat New York City kepada Allure.

Namun, tidak semua orang bisa tidur dengan posisi telentang. Itulah sebabnya penggunaan bantal perlu jadi perhatian, jelas Maiman. “Seiring bertambahnya usia, sendi leher dan tubuh kita membutuhkan lebih banyak dukungan, namun terlalu banyak bantal dapat memperburuk masalah ini,” tambahnya.¬†

Bagi mereka yang tidak mau mengubah kebiasaan tidur menyamping, mengoleskan pelembab, asam hialuronat, retinol, atau bahkan bantalan silikon pada wajah atau leher dapat mencegah kerutan kulit yang tidak diinginkan akibat tekanan pada bantal.

“Di pagi hari, perangkat rumah berbasis LED dapat sangat membantu dalam memerangi segala hal mulai dari garis halus dan kerutan hingga reaksi peradangan seperti jerawat dan ruam panas,” kata Maiman.

“Gunakan serum atau masker terbaik Anda, dan jangan pernah lupa untuk menyelesaikan perawatan Anda, dan melakukan rutinitas pagi apapun dengan perlindungan terhadap sinar¬†matahari,” ia menambahkan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *