Seniman Denmark Ditagih Kembalikan Rp1 Miliar ke Museum Usai Setor Kanvas Kosong

Aqilahnews.com, Jakarta – Seorang seniman Denmark diminta museum di Denmark utara untuk membuat sebuah karya untuk pameran mengenai kondisi perburuhan dua tahun lalu. Kala itu, seniman bernama Jens Haaning tersebut menyerahkan dua kanvas kosong berjudul “Take the Money and Run”.

Dikutip dari AP, Kamis, 28 September 2023, Pengadilan Denmark pekan lalu memutuskan bahwa Jens Haaning harus membayar kembali 492.549 kroner Denmark atau sekitar Rp1 miliar kepada Museum Kunsten di Aalborg karena telah melanggar kontraknya. Pengacaranya, Peter Sch√łnning, menyebut pada Rabu, 27 September 2023 bahwa seniman kontemporer tersebut mengajukan banding atas keputusan itu dan menolak berkomentar lebih lanjut.

Museum tersebut telah menugaskan Haaning pada 2021 untuk membuat ulang dua karya sebelumnya yang menampilkan uang kertas yang ditempelkan pada kanvas. Karya tersebut sebagai bagian dari menyuarakan upah tahunan rata-rata di Denmark dan Austria.

Sebagai gantinya, ia menyerahkan dua kanvas kosong untuk pameran bertajuk “Work It Out.” Seniman itu mengatakan karya seni tersebut mewakili situasi kerjanya saat ini dan menyimpan uang.

Selain memberinya uang dalam euro dan uang kertas kroner untuk karya seni tersebut, museum juga membayarnya sebesar 25.000 kroner atau setara Rp54,9 juta. Uang tersebut sebagai bentuk upah atas kerja kerasnya dalam menciptakan karya seni tersebut.

Dalam keputusannya pada 18 September 2023, Pengadilan Distrik Kopenhagen juga memutuskan bahwa Haaning dapat menerima 40.000 kroner atau setara Rp87,9 juta dari jumlah awal yang diberikan kepadanya oleh museum. Ini seharusnya merupakan bayaran seniman karena pameran yang diadakan mulai 24 September 2021 hingga 16 Januari 2022, dilanjutkan dengan kanvas kosong.

Pengadilan mengatakan bahwa kontrak antara museum dan Haaning telah menyatakan bahwa uang tunai akan tersedia selama pemajangan sementara karya tersebut. Karya itu akan dikembalikan setelahnya.

Ketika Haaning menolak mengembalikan uang tunai setelah pameran berakhir, pihak museum mengambil tindakan hukum. Haaning membantah telah melakukan kejahatan dan menegaskan dia memang menghasilkan sebuah karya seni.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *