Serial Gadis Kretek Tampilkan Lokasi Syuting Menarik, Diyakini Bakal Ada Paket Wisatanya

 

Rumah Residen Kedu berlokasi di Magelang, Jawa Tengah. Rumah ini merupakan kawasan cagar budaya bergaya indische empier yang dibangun pada awal 1800-an.

Saat ini, eks Rumah Dinas Residen Kedu, digunakan sebagai Museum Perang Diponegoro, karena rumah ini digunakan sebagai tempat perundingan Pangeran Diponegoro dengan Belanda. Dalam serial Gadis Kretek, rumah ini digunakan sebagai kediaman keluarga Idroes Moeria (Rukma Rosadi, yang merupakan ayah dari Jeng Yah. 

5. Pabrik Gula Tasikmadu

Pabrik Gula Tasikmadu berlokasi di Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Pabrik gula ini merupakan ekspor utama gula di Pulau Jawa dan mencapai puncak kejayaan pada 1928-1929.

Sayangnya, pabrik gula tersebut sekarang sudah tidak beroperasi lagi. Pabrik Gula Tasikmadu muncul di beberapa adegan serial Gadis Kretek.

6. Candi Abang

Candi Abang terletak di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi-candi di Jawa biasanya dibangun menggunakan batuan andesit, berbeda dengan Candi Abang yang menggunakan batu-bata merah.

Dalam Bahasa Jawa, Abang artinya merah oleh karena itu masyarakat setempat menamainya dengan Candi Abang. Tapi sayangnya, sebagian besar bangunan candi telah tertutup rerumputan sehingga penampakannya seperti bukit. Dalam serial Gadis Kretek, Candi ini menjadi tempat peristirahatan terakhir Jeng Yah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *