Wisman Meninggal Saat Berwisata di Pantai Kelingking Bali Diduga Kelelahan, Tour Guide Diminta Lebih Perhatikan Kondisi Wisatawan

Aqilahnews.com, Jakarta – Seorang wisatawan mancanegara (wisman) asal Brasil meninggal dunia saat berwisata ke Pantai Kelingking di Desa Bungamekar, Kecamatan Nusa Penida, Bali, Kamis, 16 November 2023. Pria bernama Antonio itu pingsan di toilet dan saat dibawa ke rumah sakit, ia dinyatakan telah meninggal dunia.

Sang pemandu atau tour guide dikabarkan sempat melarang Antonio dan istirnya turun ke tebing. Namun Antonio bersikeras untuk turun ke bawah tebing. Karena terus memaksa, sang pemandu mengizinkan kedua tamu yang diantarnya turun ke tebing.

Antonio dan istrinya sempat melakukan aktivitas berenang di Pantai Kelingking dan mereka kembali ke parkiran. Setelah itu Antonio ke toilet untuk mandi, karena saat itu cuaca sangat panas. Namun setelah mandi, Antonio tiba-tiba pingsan di dekat toilet. Setelah ditemukan dan dibawa ke rumah sakit terdekat, pria paruh baya itu ternyata meninggal dunia.

Kejadian itu mendapat perhatian dari Kementerian Pariwisata dan Ekomomi Kreatif (Kemenparekraf). Menurut Menteri Pariwisata dan Ekomomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaag Salahuddin Uno menyataka bela sungkawa dan keprihatinan atas peristiwa itu.

“Kejadian seperti ini sudah pernah terjadi di Pantai Kelingking Bali, jadi kalau dibilang berwisata ke sana disebut wisata ekstrem kita belum bisa menyimpulkan seperti. Kita harus lihat dan perhatikan lagi kondisinya seperti apa,” ujar |Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar secara hybrid, Senin (20/11/2023).

“Tapi terlepas dari kondisinya, yang tak kalah pentin adalah peranan tour guide¬†atau pemandu wisata di sana. Kami mengimbau agar para tour guide ini bisa lebih memperhatikan kondisi kesehatan dan fisik para wisatwan yang dipandunya. |Soal umur memang urusan Tuhan kita tak bisa mengatur, tapi setidaknya bisa mencegah agar tidak terjadi kemungkinan terburuk,” tambahnya.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *